Sejarah PKBM PPI TAIWAN

Pendidikan non formal adalah solusi bagi kita yang sudah berusia di atas usia sekolah namun ingin memiliki pengetahuan, kemampuan dan ijazah setara dengan pendidikan formal. Melalui program kejar paket, siswa akan mendapatkan pelajaran setara dengan tingkatannya dan mendapatkan Ijazah sebagai tanda kelulusan, yang dapat dipakai untuk mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau melamar pekerjaan. Dengan tujuan untuk memberikan kesempatan bagi warga belajar untuk mendapatkan pendidikan serta niatan untuk memberikan sumbangsih serta pengabdian kepada masyarakat, maka Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Taiwan memiliki tanggungjawab untuk membantu tersedianya Program Pendidikan bagi warga negara Indonesia di Taiwan yang membutuhkan dengan menyelenggarakan Program Pendidikan Kesetaraan.

Pendidikan kesetaraan memiliki fleksibilitas tinggi sehingga memungkinkan kegiatan pembelajaran dilakukan di luar jam kerja, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu luang peserta didik. Selain itu, dengan metode pembelajaran yang intensif dan efisiensif, pendidikan kejar paket dapat ditempuh dengan waktu yang relative lebih singkat. Usaha pendirian Lembaga telah dirintis sejak tahun 2013 dengan mengajukan penyelenggaraan ke Kemdikbud RI. Lalu kemudian Kejar Paket C PPI Taiwan hadir di Bulan November 2013 dan selanjutnya pendaftaran peserta didik dibuka dan proses pembelajaran dimulai pada Bulan November 2013.

Pada bulan Juni 2015, Kejar Paket C Taiwan membentuk lembaga baru untuk membuka layanan pendidikan yang lebih komplet (Paket A dan Paket B selain Paket C) serta Program Pelatihan dan Pemberdayaan serta pada Bulan Juli 2015 yang kemudian diresmikan namanya menjadi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Community Learning Center) Perhimpunan Pelajar Indonesia di Taiwan atau dikenal dengan nama PKBM PPI Taiwan yang disahkan oleh Kemdikbud RI dengan diberikannya Nomor Pokok Sekolah Nasional di Bulan Desember 2015.