Sejarah PKBM PPI Taiwan

Pada bulan Juni 2015, Kejar Paket C Taiwan membentuk lembaga baru untuk membuka layanan pendidikan yang lebih komplet (Paket A dan Paket B selain Paket C) serta Program Pelatihan dan Pemberdayaan. Kemudian pada Bulan Juli 2015 diresmikanlah namanya menjadi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Community Learning Center) Perhimpunan Pelajar Indonesia di Taiwan atau dikenal dengan nama PKBM PPI Taiwan. Lembaga kami disahkan oleh Kemdikbud RI dengan diberikannya Nomor Pokok Sekolah Nasional di Bulan Desember 2015.

Visi & Misi

Visi

“Menjadi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat yang unggul dan mampu berperan aktif dalam terciptanya kemandirian bangsa melalui proses pendidikan dan pelatihan yang edukatif, inovatif dan komunikatif (Tahun 2025)”

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan agar peserta didik mampu memiliki kemampuan akademik dan ketrampilan hidup sesuai jenjangnya.

  2. Mengelola pusat kegiatan belajar masyarakat sehingga mampu menjadi rujukan dalam skala wilayah dan nasional.

  3. Menumbuhkan mental positif dan mandiri dalam hal pendidikan maupun sosial bagi masyarakat.

Tujuan dan Manfaat

Tujuan PKBM PPI Taiwan

  1. Mendukung suksesnya program pendidikan dasar 9 tahun dengan memperluas akses pendidikan dan pendidikan menengah melalui Program Kejar Paket A, B dan C.
  2. Memberikan peluang seluas-luasnya bagi masyarakat dan Buruh Migran Indonesia di Taiwan yang memiliki kendala untuk menikmati pendidikan dasar dan menengah yang tidak tertampung atau berbagai sebab sehingga putus sekolah atau drop out sambil tetap bekerja di berbagai bidang pekerjaan di negara Taiwan.
  3. Membuka peluang pendidikan keterampilan dan vokasional bagi masyarakat dan dan Buruh Migran Indonesia di Taiwan serta membimbing hingga memiliki kecapakan hidup yang diharapkan nantinya berfungsi untuk memperoleh akses pekerjaan ataupun usaha sendiri, sehingga bisa mandiri dalam kehidupannya.

Manfaat PKBM PPI Taiwan

  1. Warga belajar mempunyai hak eligibilas yang sama dengan para pemegang ijazah pendidikan formal yang artinya adalah ijazah yang dikeluarkan oleh negara ini dapat digunakan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi maupun untuk keperluan pekerjaan.
  2. Warga belajar memiliki bekal dengan life skill atau kecakapan vokasional di bidang keterampilan khusus yang disesuaikan dengan bakat dan minat masing-masing yang diharapkan mampu membekali warga belajar sehingga siap menghadapi dunia kerja maupun dunia usaha.
  1. Memperkuat kegiatan civitas akademika dalam berkreatifitas dan memperkaya khazanah      keilmuan dan wawasan.
  2. Kreasi dan kreatifitas para akademisi menjadikan sebuah kebanggaan dan kepercayaan Institusi.
  3. Menjadi prospek masa depan yang baik dalam menjalin kerjasama dengan lembaga lain dalam mengembangkan kompetensi para siswa.
  4. Meningkatkan citra yang baik lembaga di mata masyarakat.
  1. Sebagai tempat melanjutkan pendidikan non-formal.
  2. Sumber informasi ilmu pengetahuan yang berkelanjutan.
  3. Sebagai mitra dalam upaya meningkatkan keilmuan, pengetahuan dan life-skill sebagai bekal dan penunjang kehidupan yang lebih baik.
  1. Menunjang program pemerintah dalam hal pemerataan akses pendidikan, khususnya bagi Buruh Migran Indonesia di Negara Taiwan.
  2. Membantu menyediakan lembaga pendidikan khusus kejar paket.
  3. Tersedia sumber belajar level pendidikan tingkat dasar dan menengah berbasis IT  yang dapat diakses secara Internasional.

Struktur Organisasi