MAKSUD DAN TUJUAN PROGRAM
Penyelenggaraan program Pendidikan Kesetaraan Paket C dimaksudkan untuk memberikan layanan pendidikan kepada warga negara Indonesia yang karena berbagai faktor dan sebab tidak dapat memperoleh layanan pendidikan setingkat SMA/SMK/MA pada jalur pendidikan formal, sehingga pada akhir pembelajaran program pendidikan kesetaraan Paket C diharapkan warga belajar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diakui setara dengan SMA/MA.
Penyelenggaraan program Pendidikan Kesetaraan Paket C bertujuan untuk:
- Menyediakan layanan pendidikan pada jalur pendidikan nonformal untuk menjaring anak-anak yang putus sekolah di tingkat SMA/SMK/ MA untuk mensukseskan rintisan wajib belajar pendidikan menengah;
- Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap warga belajar sehingga memiliki kemampuan yang setara dengan SMA/MA;
- Membekali dasar-dasar kecakapan hidup yang bermanfaat untuk bekerja mencari nafkah atau berusaha mandiri;
- Membekali pengetahuan, keterampilan, dan sikap warga belajar yang memungkinkan lulusan program dapat meningkatkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, atau meningkatkan kariernya dalam pekerjaannya.
HASIL YANG DIHARAPKAN
Hasil yang ingin dicapai pada akhir penyelenggaraan program Pendidikan Kesetaraan Paket C ini adalah:
- Tersedianya layanan pendidikan pada jalur pendidikan nonformal untuk menjaring anak-anak yang putus sekolah di tingkat SMA/ SMK/MA untuk mensukseskan rintisan wajib belajar pendidikanmenengah;
- Warga belajar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diakui setara dengan lulusan SMA/MA;
- Warga belajar memperoleh dasar-dasar kecakapan hidup yang bermanfaat untuk mencari nafkah atau berusaha sendiri;
- Warga belajar memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang memungkinkan lulusan program dapat meningkatkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi (Perguruan Tinggi), atau meningkatkan kariernya dalam pekerjaannya.
WARGA BELAJAR/PESERTA DIDIK
Peserta program paket C setara SMA Jurusan IPS adalah mereka yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:
- Lulusan SMP/ MTS/Paket B yang dibuktikan dengan ijazah.
- PRIORITAS bagi siswa putus sekolah SMA/MA/Paket C tidak perlu memulai pendidikan dari awal.
- Anak usia sekolah.
STRUKTUR KURIKULUM
Struktur kurikulum program Paket A, Paket B, dan Paket C dimaksudkan untuk mencapai standar kompetensi lulusan sesuai dengan Permen Diknas 23/2006 dengan orientasi pengembangan olahkarya untuk mencapai keterampilan fungsional yang menjadi kekhasan program program Paket C, yaitu: Memiliki keterampilan berwirausaha.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Program kegiatan pembelajaran meliputi tahap:
- Tahap Tutorial, dilaksanakan setiap hari dari Senin- Sabtu, mulai pukul 8.30 pm – 11.00 pm secara online melalui internet dengan menggunakan aplikasi program Wiziq yang mana dengan program ini memungkinkan pengajar dan siswa berinteraksi secara audio visual. Setiap pertemuan diwajibkan untuk di-record dan selanjutnya di-upload ke Youtube yang akan memungkinkan siswa untuk melihat dan mempelajari kembali materi pelajaran yang tertinggal.
- Kelas Tatap Muka (TTM), dimana memungkinkan terjadi interaksi secara langsung antara pengajar dan siswa di kelas yang dilaksanakan pada setiap hari Minggu pada minggu pertama setiap bulan jam 8.00 am – 5.00 pm. Sifatnya tidak mengikat, melihat situasi dan kondisi siswa.
- Tugas Mandiri, berupa tugas yang diberikan ke siswa oleh pengajar guna memantapkan pengetahuan dan keilmuan siswa erhadap sebuah materi dalam mata pelajaran.
Semua diatur dan disediakan untuk memberikan layanan terbaik dan berkualitas bagi seluruh warga belajar.
FASILITAS
- Buku modul pelajaran
- Jas almamater (tentatif)
- Media pembelajaran online
- Pengajar
- Kegiatan ekstrakurikuler: menulis, refreshing, bakat minat, senibudaya, sosial dll. dibawah bendera Organisasi Siswa (OSIS).